Thursday, October 20, 2011

Tips Memasak Daging Kambik Jadi Empuk

 rendang kambing
Masakan dengan bahan utama daging kambing memang selalu menggugah selera. Terutama, jika Anda menikmatinya bersama dengan keluarga besar. Namun, jangan sampai, setelah diolah dengan berbagai bumbu rempah, saat dimakan tekstur daging malah terasa alot.

Sebenarnya, untuk membuat tekstur daging menjadi empuk caranya sangat mudah. Hal yang harus Anda tahu, daging kambing jangan langsung diolah setelah disembelih. Itu karena, tekstur daging cenderung lebih keras jika langsung dimasak.

"Air juga musuh utama daging kambing. Jadi, sebaiknya minimalisir kontak daging kambing dengan air. Jika memang ingin membersihkannya, bilas dengan air dingin," kata Chef Haryo, dalam acara "Berbagi Kehangatan Masakan Kambing Bersama Kecap Bango" hari ini di Rumah Maroko, Jakarta.

Setelah dicuci, untuk mengurangi kadar airnya, bungkus saja daging kambing dengan handuk lalu simpan di kulkas dengan suhu -100 C sampai -170C atau dalam keadaan beku. Trik ini, menurut Chef Haryo bisa membuat tekstur daging kambing jadi lebih empuk.
Cara Sederhana
Untuk cara yang lebih sederhana, Anda bisa mengandalkan daun pepaya. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya adalah kunci untuk membuat daging lebih empuk. Cukup remas-remas daun pepaya pada daging dan diamkan selama sepuluh menit.

Jika Anda ingin memanfaatkan nanas untuk membuat daging lebih empuk, blender dan buatlah seperti jus. Lalu, balur pada daging kambing dan diamkan, namun jangan terlalu lama.

"Pastikan jangan terlalu lama mendiamkan daging kambing, jika Anda membalurinya dengan jus nanas. Itu karena daging bisa kehilangan teksturnya dan hancur," kata Chef Haryo.

Setelah itu, baru potong daging melawan serat dan sesuaikan dengan olahan masakan. Lalu, saat memasak, selalu gunakan api sedang.

"Masak dengan api sedang bukan hanya agar daging jadi lebih empuk tapi juga membuat bumbu meresap sempurna," kata Chef Haryo. (ren)

source

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...