Friday, October 14, 2011

Tips Belanja Online Agar Tidak Kena tipu dan Aman

 
Belanja di internet atau online shopping saat ini sudah menjadi salah satu pilihan dan digandrungi masyarakat luas. Semakin canggih teknologi tutur memengaruhi cara belanja yang cepat dan praktis.
Para shopper pun tidak harus pergi ke mal dan mengantre untuk mencari barang belanja buruannya. Meskipun tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung, sistem belanja online memberikan banyak keuntungan.
Pembeli yang sudah percaya bisa melihat catalog online yang dipasang penjual. Bila deal, pembeli dan penjual akan melakukan transaksi dengan harga yang sudah ditentukan. Belanja online dapat menghemat waktu dan tenaga. Belanja online juga bisa dilakukan kapan saja. Pembayaran juga mudah, yaitu hanya melalui e-mail atau SMS, kemudian transfer pembeyaran melalui rekening.
Bahkan, ada transaksi pembayaran yang menggunakan kartu kredit dan memilih Paypal atau iPaymu, sebagai alat pembayaran online. Biasanya, cara ini dicari konsumen seperti masyarakat kota yang sudah sibuk dengan aktivitasnya.
Belanja barang pun bisa didapatkan dari mana saja dan kapan pun sesuai kebutuhan. Belanja di mal sehingga menyebabkan boros. Bila dikalkulasikan, belanja di internetpun bisa lebih hemat.
Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba belanja online, ada baiknya lebih selektif dalam memilih toko online. Maraknya sistem belanja seperti ini sering dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan.
Berikut tip-tip yang bisa dibaca sebelum Anda melakukan belanja online. Semoga bisa bermanfaat saat bertransaksi via online.
1. Dengan bermodalkan kepercayaan, Anda harus bisa memilih took online yang tidak salah. Hal ini penting karena dalam bisnis online, antara pembeli dan penjual tidak vertemu. Sebaiknya pilih belanja di toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri sehingga kredibel dan bisa dipercaya.
2. Bila Anda termasuk orang yang sering berbelanja via Facebook, sebaiknya bertransaksi dengan orang yang sudah dikenal dan memiliki banyak konsumen.
3. Jangan mudah terpancing dengan tawaran harga lebih murah dari aslinya yang ditawarkan pihak penjual di belanja online. Banyak tanya juga dari teman yang sudah pengalaman belanja online atau survei langsung terlebih dahulu ke toko di mal yang menjual barang belanja tersebut.
4. Menggunakan online paypal processor yang aman dan tepat agar terhindar dari masalah pencurian data kartu kredit. Paypal dan iPaymu adalah contoh online payment processor yang sering digunakan saat berbelanja online. iPaymu menjadi yang sering digunakan bila transaksi online di dalam negeri.
Dibandingkan kartu kredit atau debit, menggunakan online payment processor lebih aman karena tidak perlu meng-input data-data kartu kredit atai debit. Namun, bila Anda belum berpengalaman dalam berbelanja online, lebih baik melakukan pembayaran sistem transfer.
5. Anda harus sering memproteksi komputer yang dipakai saat belanja online dengan software antivirus, antiphising, dan firewall yang tepat. Pentingnya hal ini dilakukan karena banyak pihak penjual tidak bertanggung jawab yang menggunakan software untuk tujuan tidak baik dan merugikan pembeli. Alangkah baiknya Anda juga selalu membersihkan data chace komputer yang digunakan saat belanja online. (Sumber: Okezone.com)


0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...