Thursday, October 6, 2011

Penyakit Jantung dapat dikurangi dengan Tidur Siang

Apakah anda adalah salasatu orang yang suka tidur siang? Kalau saya jujur saja emang suka tidur siang, walaupun hanya saya lakukan saat hari-hari libur saja. Kalau anda suka tidur siang neh ada kabar baik dari para ahlinya. Para ahli sepakat, untuk kesehatan, orang dewasa harus tidur minimal 7-8 delapan jam sehari semalam. Namun kesibukan sering kali memaksa kita untuk tidur malam kurang dari jam tersebut.

Sebagai gantinya, sebenarnya kita bisa tidur siang sejenak. Tapi orang sering salah kaprah dan menganggap negatif kegiatan yang mungkin hanya butuh waktu beberapa menit ini. Berikut ini beberapa hal penting tentang tidur siang.

1. Tidur siang membantu kita tetap fokus. Tidur selama 20-30 menit dianggap cukup untuk mengembalikan kesegaran otak.

2. Tidur siang bisa mengurangi risiko serangan jantung.

3. Waktu ideal tidur siang adalah pukul 14.00-16.00. Para peneliti meyakinkan kebiasaan tidur siang pada waktu ini tidak akan mengganggu pola tidur malam. Tapi sebaliknya, jangan mencoba untuk terlelap pada pukul 17.00-18.00 jika tak ingin pola tidur malam jadi berantakan.

4. Jika merasa terlalu lelah, gunakan alarm untuk membuat tidur siang tidak terlalu berlarut-larut. Sebab, terlalu khawatir tidur siang akan kebablasan biasanya malah akan membuat orang sulit memejamkan mata.

5. Jika sudah tidur siang tapi masih merasa lelah, temui dokter. Sebab, gejala ini bisa jadi mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih besar.

6. Ciptakan zona nyaman untuk tidur siang. Sebisa mungkin ciptakan suasana yang nyaman untuk terlelap sejenak.

Jadi sebenarnya tidak salah tidur siang asal sesuaikan, jangan mentang-mentang libur jadi anda tidur dari pagi sampai sore. Apapun yang anda lakukan asal sesuai porsinya pasti hasilnya akan baik. Selamat tidur siang ya!!!


0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...