Sunday, October 2, 2011

Ikan Berterbangan Kemana-mana

Rembang
Setelah hampir tiga minggu lamanya TPI Tasikagung sepi aktifitas lelang, selama tiga hari terakhir berkebalikan. Kapal yang merapat di dermaga terlihat antri menunggu giliran bongkar muatan hasil tangkapan untuk mengkiuti pelelangan.

Seperti yang terlihat pada hari Minggu, suasana leang di TPI Tasikagung Rembang yang bilasa berakhir sekitar pukul 9 pagi, ditutup lewat pukul 12. Itupun belum semua hasil tangkapan ikan dilelang karena banyak kapal yang datang menjelang transaksi lelang ditutup
.

Hasan, nahkoda KM Putra asal Kecamatan Kragan jenis kapal cantrang berawak delapan orang, saat ditemui menjelaskan perairan Rembang saat ini sedang musim ikan banyar dan layang. Selama tiga hari melaut hasil tangkapan mencapai 100 basket dan dari hasil lelang diterima uang Rp 45 juta.

Sementara Maulana, nahkoda KM Jati Kembar dari kecamatan sama, jenis kapal gardan berawak dua belas orang menyebutkan dia dan ABK melaut hampir sepekan hingga mendekati perairan Kalimantan. Diperoleh hasil tangkapan sekira 250 basket dan saat dilelang laku hingga Rp 250 juta.

Walau aktifitas lelang telah ditutup, TPI Tasikagung masih terlihat ramai, khususnya di bagian loket. Pedagang ikan membayar tunai sejumlah dagangan ikan yang dibeli, sementara  perwakilan kapal mencairkan uang hasil tangkapan yang laku dilelang.   

Meski perairan Rembang melimpah tangkapan ikan, para nahkoda kapal memutuskan libur dua hari untuk memberi kesempatan awak kapal pulang, melepas kangen dengan keuargnya. (Hasan)

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...