Monday, October 10, 2011

Cara Ganti Login Facebook Dengan Email Baru

Dengan bertambah ramainya pengguna dan dinamisasi situs jejaring sosial Facebook, bertambah pula jumlah dan ulah para orang pinter (baca : iseng) yang berusaha untuk melakukan tindakan tidak menyenangkan. Kepintaran di sini, bisa berarti memang orang tersebut pintar  secara ilmu dan kemampuannya di bidang hacking, maupun orang yang pintar mencari informasi sehingga mengerti kemudian berhasil mencobanya, sampai orang yang pintar karena dapat informasi sehingga tinggal mempraktekkannya
Bermodal kepintarannya (baca: keisengannya) itu, mereka melakukan kegiatan dengan cara mencuri password, menjiplak profil, sampai membekukan akun Facebook (FB). Semua itu terjadi karena dilatarbelakangi oleh faktor iseng, iri atau bahkan benci dan dendam. Itulah dunia maya yang ternyata sekarang sudah semakin nyata dampak dan fungsinya. Berikut ini saya sampaikan beberapa cara untuk mencegah agar akun facebook kita tidak menjadi korban keisengan oleh orang iseng dan hacker.
Secara standar yang paling gampang kita lakukan untuk  mencegah akun kita dari “hacking”adalah dengan menyembunyikan Nama Pengguna IM (bila IDnya sama dengan email untuk login di FB) dan Alamat Email di profil facebook kita. Bagaimana caranya?
Cara mengamankan atau menyembunyikan alamat email di profil Facebook adalah  : 
1. Klik Akun -> Pengaturan Privasi -> lihat ke bawah dan klik sesuaikan Pengaturan.  (lihat gambar)
akun facebook
2. Setelah diklik, scroll ke bawah dan berhenti pada Informasi Kontak. Lalu di sebelah email -> ubah pengaturan menjadi “hanya saya”. (lihat gambar)
mengamankan akun facebook
Apabila alamat email untuk login Facebook Anda sudah terlanjur diketahui oleh banyak orang, maka sebaiknya Anda ubah saja alamat email tersebut. Cara mengubah login facebook atau cara mengganti email untuk login Facebook adalah sebagai berikut :
1. Anda siapkan email baru yang belum dipakai sebagai akun Facebook. (dalam contoh ini, saya menggunakan emaillama@yahoo.com dan emailbaru@yahoo.com)
2. Login ke facebook
3. Klik Akun -> Pengaturan Akun – Lihat pd tab Email lalu Klik Ganti (lihat gambar 1)
akun-fb-1
4. Lalu masukkan alamat email baru Anda di kotak “Email Kontak Baru”. Misal (emailbaru@yahoo.com), lalu klik Tambahkan Email Baru. (lihat gambar  2)
akun-fb-2
5. Pada saat muncul notifikasi untuk memasukkan password Facebook, maka masukkan saja password Facebook Anda, lalu tekan Konfirmasi.
6. JIka langkah Anda benar, maka setelah klik Konfirmasi akan keluar warning seperti pada gambar 3 berikut ini :
akun-fb-3
7. Buka inbok pada email baru Anda yang tadi dimasukkan/digunakan untuk mengganti email login Facebook, kemudian klik link konfirmasi yang ada tersebut. (lihat gambar 4)
akun-fb-4
8. Setelah Anda klik link yang ada di email tadi, maka akan tampil di halaman Facebook warning seperti ini “Email baru tersimpan” (lihat gambar 5)
akun-fb-5
9. Kemudian Anda lihat ke bawah, sampai pada bagian Email lalu klik “Ganti” dan pilih pada email baru Anda. Kemudian klik “Ganti Email Kontak” dan masukkan kembali password Facebook Anda, lalu tekan Konfirmasi. (lihat gambar 6)
akun-fb-6
10.Setelah proses sebentar, maka pada halaman akun tersebut Anda dapat melihat sekarang ada 2 email kontak, lalu pilih email Anda yang lama dan klik “Hapus”, dan masukkan lagi password Facebook, kemudian klik “Konfirmasi”.  (lihat gambar  7)
akun-fb-7
11. Langkah berikutnya adalah Anda sign out dari Facebook, kemudian silahkan login dengan menggunakan alamat email Anda yang baru. Karena email Anda yang lama sudah tidak bisa digunakan lagi untuk login Facebook.
12. Setelah Anda berhasil login dengan email yang baru, maka segeralah sembunyikan alamat email di profil Facebook Anda seperti pada dua langkah di atas.
Semoga bermanfaat.Source

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...