Saturday, October 1, 2011

'Batik Our Love Story' di Perankankan Nia Dinata Yang Cantik


Nia Dinata Rilis Film 'Batik Our Love Story'. Sutradara Nia Dinata meluncurkan karya film dokumenter terbarunya tentang batik, berjudul 'Batik Our Love Story'. Dihadiri sejumlah pelaku pelestari batik tulis dari berbagai daerah, acara tersebut digelar di Blitz Megaplex Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (30/9/2011).

Sepanjang sekitar 90 menit, 'Batik Our Love Story' mengajak penonton berjalan-jalan ke kota-kota pusat batik di Jawa. Dibuka dari Pekalongan, lalu Cirebon, Solo, Madura, Lasem dan Yogyakarta.

Di 5 kota itu, penonton diajak mengunjungi pelaku-pelaku pelestari batik tulis asli yang turun-temurun, hingga individu yang mendokumentasikan warisan budaya itu.

Tapi, Nia buru-buru menegaskan, "Ini bukan film tentang kolektor batik." Yang jelas, ini merupakan dokumenter batik pertama karya orang Indonesia sendiri. Dan, untuk itu Nia Dinata menerima rekor dari MURI

Awalnya, sambung Nia, pihaknya ingin membuat sebuah dokumenter yang formal. Tapi, temuan di lapangan membuatnya kemudian memutuskan untuk menampilkan filmnya sebagai "kisah cinta".

"Masalah yang ditemui selalu sama, isu regenerasi. Mereka adalah generasi terakhir yang khawatir apakah anak-anak mereka mau melanjutkan," papar dalam jumpa pers usai pemutaran.

Nia juga memfokuskan pada perempuan-perempuan yang mendominasi "industri" rumahan batik tulis.

Naskah 'Batik Our Love Story' ditulis oleh Ucu Agustin, yang juga menjadi tim periset bersama Nia sendiri. Sedangkan kamera dikerjakan oleh Paul Kadarisman.

Dalam memproduksi film tersebut, Nia dengan benderanya Kalyana Shira Film disponsori oleh Attack yang sedang mengeluarkan produk pencuci baju khusus untuk batik.

Setelah diputar perdana untuk kalangan terbatas, Nia belum punya kepastian mengenai pemutarannya untuk publik. Namun, bagi pihak, komunitas atau pun kampus yang ingin memutar film tersebut bisa langsung menghubungi Kalyana Shira Film. (detikhot)

Popout

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...