Thursday, October 13, 2011

Asal Usul Terjadinya Perjanjian Tabut

Misteri Tabut Perjanjian. Tabut Perjanjian dianggap oleh beberapa pihak sebagai yang terbesar dari semua harta tersembunyi dan penemuannya akan memberikan kebenaran bahwa Perjanjian Lama adalah kenyataan proses penyelamatan manusia. Benda bersejarah sekaligus benda misterius ini tetap menjadi tujuan dari setiap arkeolog modern dalam petualangannya. Tabut Perjanjian ini berisi sepuluh perintah yang ditulis di atas lempengan batu oleh Tuhan kepada Musa di Gunung Sinai. 

Menurut Kitab Keluaran, Tabut ini terbuat dari kayu Sitim (mirip dengan akasia) dan ditutupi emas pada bagian luar dan pada tutup tabut pendamaian terdapat dua malaikat yang juga terbuat dari emas. Tabut Perjanjian diyakini memiliki kekuatan gaib karena dalam beberapa kejadian unik, termasuk menyebabkan kematian seorang pria. Ada beberapa spekulasi sekitar tempat penyimpanan terakhir dari Tabut Perjanjian, dan karena masih sebuah misteri, akan membutuhkan orang yang berani atau bahkan nekat untuk membukanya.
ark-of-the-covenant
Inilah Ark oh Covenant yang masih diperdebatkan
Di Dalam Alkitab
Tabut ini pertama kali disebutkan dalam Alkitab Ibrani/Perjanjian Lama/Taurat dalam Kitab Keluaran, dan kemudian banyak kali dalam: Ulangan, Yosua, Hakim, I Samuel, II Samuel, Raja-raja I, I Tawarikh, II Tawarikh, Mazmur dan Yeremia . Dalam Kitab Yeremia, adalah direferensikan oleh Yeremia, yang berbicara pada zaman Yosia (Yer. 3:16), menubuatkan keadaan waktu mendatang ketika Tabut tidak dipatuhi atau  tidak dilakukan lagi. Dalam Perjanjian Baru, Tabut ini disebutkan dalam Surat Ibrani dan Wahyu kepada Yohanes.

Ibrani 9:04 menyatakan bahwa Tabut berisi “the golden pot that had manna, and Aaron’s rod that budded, and the tablets of the covenant.” Wahyu 11:19 mengatakan bahwa Yohanes melihat Bait Suci Allah di surga terbuka, “dan tabut perjanjian-Nya terlihat dalam bait-Nya.” Sejumlah penulis Roma Katolik menghubungkan ayat ini dengan Perempuan dari dalam Kitab Wahyu 12:1, yang berada pada bagian selanjutnya, dan berpendapat bahwa Santa Perawan Maria adalah “Tabut Perjanjian Baru”.

Di dalam Al Qur’an
Dalam pasal 2 (Ayat 248), Bani Israel, pada saat Samuel dan Saul, diberi kembali ‘Tabut E Sakina’ (peti mati dari Shekhinah) yang berisi sisa-sisa rumah tangga Musa dan Harun yang dibawa oleh malaikat yang menetapkan perdamaian dan ketenangan bagi mereka dari Tuhan mereka. Hal ini disebutkan di tengah narasi bahwa Saul dipilih menjadi raja
Al Qur’an menyebutkan:

Dan (selanjutnya) Nabi mereka berkata kepada mereka: “Dalam sebuah daftar perintah akan datang kepadamu Tabut perjanjian, dengan (suatu jaminan) di dalamnya yaitu keamanan (Sakina) dari Tuhanmu, dan peninggalan yang ditinggalkan oleh keluarga Musa dan keluarga Harun, dibawa oleh malaikat. Dalam hal ini merupakan simbol bagimu, jika kamu memang memiliki iman. (Al Qur’an 2:248)

Seorang sarjana Islam Al Baidawi menyebutkan bahwa Sakina bisa saja Taurat Kitab Musa. Menurut Al-Jalalan, peninggalan di dalam Tabut adalah fragmen dari dua lempeng batu, tongkat kecil, jubah, sepatu, mitres Musa dan vas Manna. Al-Tha’alibi, dalam Qisas Al-Anbiya (Cerita para nabi), telah memberikan sejarah awal dan akhir dari Ark of the Covenant
Menurut kebanyakan ulama Muslim, Tabut Perjanjian memiliki dasar agama dalam Islam, dan Islam memberi makna khusus. Sekte Muslim Syiah percaya bahwa hal itu akan ditemukan oleh Mahdi di dekat akhir zaman dari Danau Tiberias.

Versi Southern Africa
Orang-orang Lemba Afrika Selatan dan Zimbabwe telah mengklaim bahwa nenek moyang mereka membawa Tabut kea rah selatan, menyebutnya lungundu ngoma atau “suara Tuhan”, akhirnya tersimpan di sebuah gua yang dalam di pegunungan Dumghe, rumah spiritual mereka.

Pada tanggal 14 April 2008, dalam siaran dokumenter Channel 4 Inggris, Tudor Parfitt, mengambil pendekatan literalis dengan cerita Alkitab, menggambarkan penelitian dalam pernyataan ini. Dia mengatakan bahwa obyek yang digambarkan oleh Orang-orang Lemba memiliki atribut mirip dengan Tabut Perjanjian dengan ukuran hampir sama,  tidak diizinkan untuk menyentuh tanah, dihormati sebagai suara Allah mereka, dan digunakan sebagai senjata kekuatan besar untuk menyapu musuh dari segala arah.

http://q-bonk.com/misteri-tabut-perjanjian-masih-perdebatan/

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...