Friday, September 30, 2011

Rawon Setan Bikin Suasana Panas , Penuh Dengan Kenikmatan

Kenikmatan Pedasnya Rawon Setan


Membaca papan nama kedai satu ini memang bisa bikin penasaran. Nama Rawon Setan di warung makan milik Mbak Endang ini mengundang orang yang melihatnya untuk singgah dan mencicipi rasa makanan khas Jawa Timur ini

Tak heran jika Rawon setan pun jadi pembicaraan hangat para penikmat kuliner. Apalagi, saat ini warung waralaba ini mulai tersebar di Surabaya dan Jakarta. Salah satunya terletak persis di sisi Jalan Mangga Besar Raya No 10, Sawah Besar, Jakarta Pusat, seperti yang dikutip dari beritajakarta.com.

Salah seorang pengelola Rumah Makan Rawon Setan, Yudi Kurniawan mengungkapkan, nama 'Setan' itu bermakna pedas. “Tak ada yang berbeda dari bumbu Rawonnya, hanya saja sambalnya yang begitu pedas dan bikin orang berkeringat saat menyantapnya,” kata Yudi mencoba membocorkan menu masakan yang jadi andalannya tersebut.

Bukan cuma karena rasanya yang pedas yang mengilhami lahirnya nama Rawon Setan. Menurutnya, masih ada kisah lain mengapa nama Rawon Setan menjadi 'trade mark' di warung ini. Dulu, nama 'Setan' diberikan oleh para pelanggannya yang saat itu sebagian besar merupakan pengunjung wisata malam di sekitar warung makan Rawon di Surabaya.

“Dulu, umumnya orang menyantap makanan ini di malam hari. Karena malam identik dengan mistik atau gaib, maka pengunjung sering menyebutnya warung makan rawon ini menjadi sebutan Rawon Setan. Sampai sekarang nama itu pun jadi ciri khas kedai makan ini," ujar Yudi yang juga mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 20 cabang Rumah Makan Rawon Setan di Surabaya dan Jakarta.

Pria asli Surabaya ini mengaku, Rawon Setan yang diolahnya memiliki keunggulan rasa dibandingkan rawonlainnya. Pada proses pembuatannya, Yudi menggunakan biji kluek yang langsung diambil dari pulau Dewata. “Dari biji kluek Bali inilah, rasa Rawon menjadi gurih, dan tak hanya itu warnanya pun menjadi hitam pekat,” katanya. Untuk satu porsinya, Rawon Setan tersebut dipatok harga Rp 20 ribu. Paket porsi tersebut merupakan paket lengkap yang sudah termasuk dengan minum.

Untuk menambah kepuasan pelanggan, sambung Yudi, pihaknya juga menyediakan menu panas yang disajikan berikut dengan pemanasnya yang ditawarkan mulai Rp 10 - 30 ribu.

Gurihnya rawon ini akan makin mantap jika disantap bersama menu tambahan lainnya seperti kecambah, telur asin, atau kerupuk. Kelezatan rasanya pun akan berimbang dengan pedasnya sambal merah yang khusus dibuat mendampingi menu utama ini.


Spoiler for sumber ::
http://kosmo.vivanews.com/news/read/119533-kenikmatan_pedasnya_rawon_setan

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...