Sunday, July 25, 2010

Cara Membawa Burung Agar Tidak Stres

Cara Membawa Burung Agar Tidak Stres

Cara Membawa Burung Agar Tidak Stres ; Sebelum burung diberangkatkan, perlu diberi tambahan multivitamin yang akan mengurangi tingkat stres burung dan menambah daya tahan.Untuk membawa burung, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

1. Suhu badan bangsa burung kurang lebih 40°C, jadi sangat tinggi. Pada waktu sakit suhu badan burung dapat dengan drastis menurun. Oleh karena itu, dalam membawa burung sangkar harus ditutup dengan kain atau koran. Apabila mobil Anda dilengkapi alat penghangat, hangatkan dahulu ruang atau kabin mobil. Selama dalam perjalanan dianjurkari tidak membuka jendela-jendela (menghindari angin), juga tidak menghidupkan AC.

2. Burung jenis besar yang sudah jinak dapat dibawa di luar sangkar, tetapi tetap harus dilindungi dengan penghangat misalnya jaket atau handuk.

3. Burung jenis kecil dapat dibawa di dalam kotak sepatu tetapi tetap dilindungi dengan penghangat seperti poin nomor 2.

4. Sediakan pakan di dalam sangkar. Untuk pemakan serangga, sediakan kroto bersih atau jangkrik bersih yang bisa diletakkan di dalam wadah yang ditali kencang di kardus atau bisa juga ditebarkan di bagian pinggir sangkar. Untuk pemakan buah, berikan pisang atau buah lain yang relatif tidak berair.

Setelah sampai tujuan, burung segera dikeluarkan dari wadahnya dan berikan lagi multivitamin setelah diberi makan dan minum secukupnya. Pemberian multivitamin sangat penting untuk burung-burung yang menjalani transportasi untuk diikutkan lomba.
Sumber Omkicau

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...