Monday, July 26, 2010

10 Cara Membuat Tubuh Segar Kembali

10 Cara Membuat Tubuh Segar Kembali

1. 5-second de-stresser
Rub Your Earlobes
Teknik akupresur dengan gerakan memijit-mijit daun telinga bagian bawah ini bermanfaat mengatasi sakit kepala dan nyeri pada otot leher.

2. 5-second energy booster
Down a Glass of Water
Hati-hati, dehidrasi bisa membuat tubuh kita lebih lemas, bahkan sebelum kita sendiri merasa kita kehausan. Maka sempatkan 5 detik waktu di antara rutinitas sehari-hari untuk minum segelas air.

3. 30-second mood lifter
Laugh Out Loud
Yang ini tak usah diragukan lagi, budaya kita mengenal jargon “tertawa itu sehat”. Humor dan tertawa akan meningkatkan mood kita dan bisa jadi ‘cheerleader’ yang baik saat kita mau melakukan aktivitas yang lebih membutuhkan energi.

4. 1-minute stamina builder
Focus on Your Breathing
Menarik nafas dalam-dalam akan meredakan denyut jantung yang berdetak cepat, dan segera mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Lakukan hal ini selama satu menit tiap harinya.

5. 3-minute energy charger
Take a Hot/Cold Shower
Paling enak sistem ini diterapkan kalau kita punya hot/cold shower, tapi kalau pun tak ada, bisa menyiapkan seember air hangat yang agak panas (jangan terlalu panas juga ya…). Air dinginpun sebenarnya sudah bisa membuat kita segar, tapi dengan sistem ini, ketika kita menyiram diri dengan air dingin setelah sebelumnya disiram air panas, perubahan temperatur akan semakin membuat kita merasa segar dan ‘tersadar’.

6. 5-minute energy charger

Soak up (a little) Sun
Mandi matahari selama 5 menit sehari, tak perlu banyak-banyak apalagi buat yang takut hitam!. Sinar matahari akan menstimulasi neurotransmitter di otak kita, seperti serotonin dan dopamin, yang akan meningkatkan motivasi dan semangat.

7. 5-minute brain revver
Take the Road Less Traveled
Ide sebenarnya adalah ‘mencari pemandangan baru’. Kalau kita mencoba mencari rute baru saat berkendaraan menuju kantor, ataupun sambil berjalan kaki saat mau berbelanja ke pasar, bisa menstimulasi otak kita dan juga meningkatkan energi tubuh.

8. 20-minute de-stresser
Curl up for a Catnap
Pasti ini menjadi kegiatan favorit setiap orang! Menyisihkan 20 menit di saat kita stres atau dikejar deadline benar-benar bisa membuat badan lebih segar, dan otak pun jadi lebih mudah berpikir. Tapi pastikan tidak boleh lebih lama dari 20 menit, karena nanti malah pusing, dan fenomena ‘jiwa belum segera bersatu dengan raga’, atau ‘lulungu’ kalau kata orang sunda bilang, akan muncul di diri Anda!

9. 20-minute brain revver
Practice a New Skill
Mencoba mempelajari bahasa asing baru (yang benar-benar asing), ataupun bermain catur adalah salah dua cara untuk menghindari diri dari kelelahan mental.

10. 20-minute energy booster
Opt for Solo Time
Jangan ragu-ragu untuk meng-isolasi diri kalau merasa perlu! Seorang expert bahkan mengistilahkan orang-orang yang suka mengganggu (atau yang tidak penting) sebagai ‘energy vampires’ alias si penghisap energi!


dunia-panas

0 komentar:

Post a Comment

tinggalkan pesan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...